Dua Seniman Indonesia Masuk Next Generation Curator of Southeast Asia

Jum'at, 30 Januari 2015 - 09:47 WIB
Dua Seniman Indonesia Masuk Next Generation Curator of Southeast Asia
Dua Seniman Indonesia Masuk Next Generation Curator of Southeast Asia
A A A
JAKARTA - Japan Foundation menampilkan pameran seni rupa dari dua seniman Indonesia yang dikuratori oleh Asep Topan. Dua seniman tersebut yakni Reza Afisiana dan Log Out Corps berhasil mendapatkan fellowship dari The Japan Foundation untuk mengikuti program ”Next Generation Curator of Southeast Asia” di Tokyo, Japan.

Independent Curator Asep Topan mengatakan, pengambilan tema yang dipilih ini untuk mencerminkan kejadian yang sebenarnya di Jakarta

"Pameran ini temanya mengenai perubahan ruang di trotoar Jakarta dimana terjadi pergeseran fungsi. Itu memengaruhi habitat yang berbeda," ujar Asep Topan, di Gedung Summitmas I, Japan Foundation, Kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Director General Japan Foundation Tadashi Ogawa mengungkapkan, pemilihan kedua seniman tersebut berdasarkan kecenderungan karya yang menggunakan medium perfomance art yang berbeda.

"Pemilihan kedua seniman tersebut berdasarkan hasil karya mereka yang menggunakan medium performance art, dan mengangkat tema kota serta mereka berasal dari dua generasi seniman yang berbeda," paparnya.

Dua seniman ini menampilkan elaborasi pada gagasan kuratorial yang difokuskan pada pendekatan ruang dan gerak yang terjadi di trotoar Jakarta.

Pendekatan ini menjadikan kedua seniman memiliki kemungkinan untuk merealisasikan pembacaan mereka menjadi karya-karya yang tidak spesifik pada suatu medium tertentu.

Sebelum mengikuti program di Jepang, hasil karya dua seniman ini bisa dilihat di Gedung Summitmas I, auditorium The Japan Foundation yang telah dibuka sejak 29 Januari sampai 12 Februari 2015.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3507 seconds (0.1#10.140)